Sejarah Sepak Bola

Posted on

Sepak bola merupakan salah satu olahraga populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sepak bola di Indonesia dimainkan dari anak kecil hingga Dewasa, penonton pertandingan sepak bola juga sangat banyak, hal ini bisa dilihat jika ada suatu pertandingan sepak bola profesional Indonesia dari mulai kasta terbawah hingga kasta tertinggi, penonton selalu memadati stadion. Lantas dari mana asalnya olahraga ini?oleh karena itu kesempatan ini kami akan membahas sejarah sepak bola.

Secara umum pengertian sepak bola adalah permainan menggunakan bola yang dimainkan oleh dua kelompok/regu/tim yang terdiri dari 11 orang saling berlawanan.

Dua tim bermain dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan, permainan sepak bola dimainkan selama 2 x 45 menit dengan kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

sejarah sepak bola

Dalam sepak bola, semua anggota tubuh boleh digunakan untuk bermain kecuali tangan. Namun khusus untuk penjaga gawang diperbolehkan bermain menggunakan seluruh anggota tubuh.

Asal Usul Sepak Bola

Sejarah sepak bola. Mungkin tidak sedikit yang mengatakan bahwa sejarah sepak bola bermula dari inggris, namun ada juga yang mengatakan bahwa sejarah sepak bola berasal dari China. Jika maksud kita adalah asal usul sepak bola modern inggris adalah jawaban yang benar, namun jika maksud kita adalah dimana asal mula permainan sepak bola berasal mungkin China adalah jawaban yang paling tepat.

Sepak bola berasal dari China tepatnya pada masa Dinasti Han. dimana sepak bola dikenal dengan nama ‘Thu Chu’. Pada saat itu bola terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulun, kemudian terus berkembang hingga saat ini yang kemudian memiliki induk organisasi yang bernama FIFA yang terbentuk pada 21 Mei 1904.

Induk Organisasi Sepak Bola

Induk organisasi sepak bola di Indonesia adalah PSSI. PSSI merupakan singkatan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sedangkan induk organisasi sepak bola internasional (FIFA) yang bermarkas di Zürich, Swiss.

Peraturan Sepak Bola dan istilah dalam sepak bola

Setalah membahas pengertian sepak bola, sejarah sepak bola selanjutnya akan dibahas pertaturan dasar dalam sepak bola. Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.

Lama Permainan sepak bola

Perrmainan sepak bola dilakukan selama 2 x 45 menit atau 2 babak, setiap babak memiliki lama permainan 45 menit. setelah babak pertama selesai pemain diberikan waktu istirahat selama 10 menit. jika pertandingan selama 2 x 45 hasil pertandingan masih imbang maka akan dilakukan perpanjangan waktu dengan lama pertandingan 2 x 15 menit. Namun jika hasil pertandigan masih imbang makan pertandingan dilanjutkan dengan babak adu pinalti untuk menentukan pemenangnya.

Aturan mencetak gol sepak bola

Tim yang berhasil mencetak lebih banyak gol dinyatakan memenangkan pertandingan, semua anggota tubuh boleh digunakan untuk bermain kecuali tangan. Namun khusus untuk penjaga gawang diperbolehkan bermain menggunakan seluruh anggota tubuh.

Kickoff

Kickoff adalah tendangan dari titik putih tengah lapangan yang menjadi tanda pertandingan dimulai setelah wasit membunyikan pluit.

Offside

Offside, pemain dikatakan offside jika berada dibelakang pemain terakhir lawan, dan peraturan offside ini biasanya dimasukkan ke dalam strategi permainan.

Throwin

Throwin atau lemparan kedalam dilakukan kalau bola keluar dari garis samping lapangan pertandingan. Tim yang melakukan lemparan kedalam adalah tim yang tidak melakukan sentuhan terakhir kepada bola sebelum bola keluar lapangan.

Kartu Kuning

Wasit akan mengeluarkan kartu kuning dapat diberikan oleh wasit kepada pemain yang dianggap melakukan pelangaran cukup keras atau pelanggaran yang disengaja untuk menghilangkan peluang pemain lawan mencetak gol. Kartu kuning juga sebagai peringatan kepada pemain untuk tidak melakukan pelangaran lagi karena jika mendapatk kartu kuning kedua kalinya maka akan diakumulasikan menjadi kartu merah dan pemain harus keluar dari lapangan.

Kartu merah

Wasit akan mengeluarkan kartu merah ketika seorang pemain sengaja memukul, menendang, berkata kasar, hingga meludahi pemain lain.

Tendangan bebas

Dalam permainan sepak bola terdapat dua macam tendangan bebas, yakni tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung

Tendangan bebas langsung saat sebuah tim mendapatkan hadiah tendangan bebas langsung, eksekutor hanya boleh menendang dengan 1 sentuhan. Hal ini dimaksudkan agar pemain tidak menyentuh bola untuk kemudian menendangnya lagi. Dalam tendangan bebas langsung, meski eksekutor bisa menendang langsung ke arah gawang, ia tetap diperbolehkan untuk mengumpan ke rekan satu timnya. Ini adalah pilihan yang tidak melanggar aturan.

Tendangan bebas tidak langsung, sinyal tendangan bebas tidak langsung ditunjukkan oleh wasit dengan mengangkat lengan ke atas dan baru menurunkannya sampai bola yang ditendang mengenai pemain lain. Saat melakukan tendangan bebas tidak langsung, pemain wajib mengoper bola terlebih dahulu ke rekan satu tim. Apabila dari tendangan bebas tidak langsung, lantas tercipta gol tanpa melalui sentuhan rekan satu timnya, maka gol dianggap tidak sah dan tendangan gawang akan diberikan kepada tim lawan.

Tendangan Penalti

ketika ada pemain yang melakukan pelanggaran atau handball di area kotak penalti makan lawan akan mendapatkan tendangan penalti.

Tendangan Sudut dan tendangan gawang

Misalkan bola keluar melawati garis belakang lapangan tim A maka tim B akan mendapatkan tendangan sudut dengan catatan salah satu pemain tim A yang melakukan sentuhan terakhir sebelum bola keluar. namun jika tim B yang mengeluarkan bola tersebut melewati garis belakang sisi lapangan tim A maka hanya akan menghasilkan tendagan gawang untuk Tim A.

asal usul sepak bola

Teknik Dasar Sepak Bola

Setelah membahas pengertian sepak bola, sejarah sepak bola, peraturan Sepak Bola dan istilah dalam sepak bola selanjutnya akan dibahas teknik dasar bermain sepak bola yang perlu dikuasai oleh pemain sepak bola.

Passing atau mengumpan

Passing merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain sepak bola, jika ada pemain yang tidak bisa melakukan passing dengan baik tentunya strategi dan kerjasama atas pemain tidak akan berjalan dengan baik.

Dribble

Dribble adalah menggiring bola, merupakan teknik mengontrol bola yang sedang dibawah. Pemain melakukan dribbel biasanya untuk dapat lolos membawa bola melewati penjagaan pemain lawan. Pemain yang memiliki kemampuan dribble diatas rata-rata tentunya memiliki keuntungan. Contoh pemain yang memiliki kemampuan diatas rata-rata adalah Messi, Neymar, Ronaldinho.

Kontrol

kontrol adalah teknik menerima atau menghentikan bola. Pemain harus menguasai teknik ini agar tidak mudah kehilangan bola atau bola dengan mudah direbut oleh lawan. Tim yang memiliki pamain dengan kemapuan kontrol bagus tentunya diuntungkan, tim lebih mudah mempertahankan atau menguasai prosentase penguasaan bola.

Menendang

Menendang bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki. Biasanya pemain secara khusus melatih tendangan ke arah gawang terutama pemain posisi striker karena tugas utama striker adalah mencetak gol ke gawang lawan.

Heading atau sundulan

Biasanya pemain yang memiliki postur tinggi akan diuntungkan jika ada bola atas seperti bola dari tendangan sudut atau umpan silang lambung. Sundulan merupakan teknik memainkan bola dengan kepala, bola biasa diarahkan ke gawang lawan untuk menjadi gol atau diarahkan menjauh dari gawang tim sendiri.

Throwin

Throwin atau lemparan kedalam dilakukan kalau bola keluar dari garis samping lapangan pertandingan. Terlihat cukup mudah namun perlu kekuatan tangan yang tepat agar bola mengarah ke pemain dalam satu tim bukan malah mengarah ke pemain lawan.

Tekel

Tekel adalah teknik merebut bola dari pemain lawan dengan cara meluncurkan diri, teknik tekel perlu dilatih karena mudah untuk dilakukan. Banyak para pemain gagal melakukan tekel dengan bersih merebut bola dan malah mencerai lawan yang kemudian menghasilkan kartu kuning ataupun kartu merah.

Intersep

Intersep adalah memotong operan atau umpan lawan. Kemampuan intersep juga berhubungan dengan kecerdasan pemain dalam membaca permainan lawan, sehingga bisa melakukan intersep atau membaca kemana bola akan dioper atau diarah.

Juggling

Juggling merupakan teknik mempertahankan bola agar tetap di atas, dan tidak menyentuh tanah sama sekali. Dalam permainan sepak bola kita jarang melihat pemain melakukan teknik juggling selama pertandingan. Juggling biasanya dilakukan pemain diluar pertandingan, seperti saat diperkenalkan kepada supporter setelah kepindahan ke tim baru yang akan diperkuatnya.

Menjaga gawang

menjaga gawang atau goalkeeping adalah teknik yang harus benar-benar dikuasai oleh kiper. Dengan menguasai teknik ini, kiper bisa menghalau bola agar tidak masuk ke gawangnya. Teknik menjaga gawang terdiri dari menangkap, menepis, dan memblok bola.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Setelah mengetahui pengertian sepak bola, teknik dasar permainan, dan peraturan dasar, pengetahuan lain yang harus diketahui adalah ukuran lapangan sepak bola.

Berikut ini ukuran lapangan sepak bola sesuai standar FIFA:

Panjang: 100 – 110 meter
Lebar: 64 – 75 meter
Lingkar tengah radius: 9,15 meter
Kotak penalti: 40,3 x 16,5 meter

Manfaat Bermain Sepak Bola

Pengertian sepak bola hingga ukuran lapangan telah dijelaskan. Sekarang, pembahasan lain yang juga harus diketahui adalah manfaat dari bermain sepak bola.

Banyak sekali manfaat bermain sepak bola untuk kesehatan, setidaknya ada 11 manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat bermain sepak bola yang berhasil kami rangkum;

  1. Meningkatkan kapasitas dan daya tahan tubuh
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  3. Menjaga kekuatan otot dan mengurangi lemak tubuh
  4. Mengontrol berat badan
  5. Memperkuat tulang
  6. Meningkatkan koordinasi, kelincahan, dan refleks
  7. Meningkatkan fleksibilitas
  8. Meningkatkan mood
  9. Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi
  10. Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  11. Mengembangkan keterampilan motorik

Itulah pembahasan terkait pengertian sepak bola, sejarah sepak bola , teknik dasar permainan, peraturan dasar, ukuran lapangan, hingga manfaat bermain sepak bola.

Dari penjelasan yang sudah kami dibajarkan tadi, dapat disumpulkan bahwa;

Sejarah sepak bola bermula dari China tepatnya pada masa Dinasti Han. dimana sepak bola dikenal dengan nama ‘Thu Chu’. Pada saat itu bola terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulun, kemudian terus berkembang hingga saat ini yang kemudian memiliki induk organisasi yang bernama FIFA yang terbentuk pada 21 Mei 1904.

Induk organisasi sepak bola di Indonesia adalah PPSI, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sedangkan induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA yang bermarkas di Zürich, Swiss.

Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.

Dalam bermain sepak bola kita harus menguasai teknik dasar bermain sepak bola dan mengetahui peraturan sepak bola.

Manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan tubuh sangat banyak, mulai dari menjaga kekuatan otot dan mengurangi lemak tubuh, mengembangkan ketrampilan motorik hingga mengurangi kecemasan dan stress.

Sejarah sepak bola yang sejarahbangsa.com rangkum semoga menambah informasi dan bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan lagi seputar olahraga paling populer di Dunia silahkan sampaikan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *