Kesinambungan Menurut Konsep Waktu Dalam Sejarah Adalah? [Q & A]

Posted on

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah? merupakan materi sejarah yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Materi ini mungkin akan muncul dalam pelajaran sekolah atau pertanyaan saat ujian sekolah.

Kesinambungan dalam sejarah memiliki 4 (empat) konsep waktu. Untuk penjelasan keempat konsep waktu kesinambungan dalam sejarah akan sejarahbangsa.com ulas sebagai penjabaran dari contoh soal yang sudah kami dapatkan.

Selain materi yang akan kami bahas kali ini, anda mungkin juga ingin mempelajari tentang Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah maupun Salah satu unsur penting dalam sejarah adalah waktu yang sebelumnya sudah kami bahas beserta contoh soalnya dapat menggunakan link yang sudah kami sematkan tersebut.

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah

Baik langsung saja kami sajikan contoh soal sekaligus jawaban dan pemabahas tentang materi kesinambungan dalam sejarah.

Contoh Soal

Berikut merupakan contoh soal Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah, yang berhasil kami dapatkan.

Pertanyaan

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah …

A. Gejala yang timbul tidak sesuai harapan
B. Ketidakteraturan suatu tatanan sosial
C. Naik turunnya kondisi masyarakat
D. Naik turunnya kondisi politik
E. Suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat

Jawaban dan Pembahasan

Kesinambungan dalam sejarah adalah segala sesuatu dalam mempelajari sejarah yang terjadi secara berkelanjutan dan berkala. Peristiwa sejarah akan berhubungan dengan waktu yang bergerak dari waktu sebelumnya menuju ke waktu berikutnya. Oleh sebab itu, kesinambungan diartikan dengan suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat.

Kesimpulan

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal diatas adalah E. Suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat

Penjelasan 4 Konsep Waktu Dalam Sejarah

Konsep waktu memiliki dua makna di dalamnya, yaitu makna denotatif atau makna sebenarnya dan makna konotatif atau makna subyektif. Makna denotatif berarti kesatuan waktu seperti detik, menit, jam dan lainnya sesuai fakta apa adanya. Sedangkan konotatif adalah waktu sebagai konsep.
Contohnya adalah zaman Belanda, dalam makna denotatif zaman Belanda berarti pada 1800 hingga kemerdekaan Indonesia. Namun secara konotatif, zaman Belanda bisa berarti zaman dulu yang sudah sangat lampau. Konsep waktu dalam mempelajari sejarah berarti sejarah saling terhubung atau bisa berulang.

Menurut Kuntowijoyo, konsep waktu dalam sejarah terdiri atas 4 tahapan jenis. Konsep waktu dalam sejarah dapat menjelaskan secara konkret perkembangan manusia. Suatu peristiwa yang menjadi sejarah, tidak dapat lepas dari struktur waktu yang menyertainya. Oleh karena itu, konsep waktu dalam sejarah sangat esensial.

4 Konsep Waktu Dalam Sejarah

Ada 4 konsep waktu dalam sejarah yakni Perkembangan, Kesinambungan, Pengulangan dan Perubahan. Berikut penjelasannya

1. Perkembangan

Perkembangan merupakan konsep waktu dalam sejarah. Masyarakat yang berkembang akan membawa bentuk baru yang lebih relevan dengan kondisi zaman. Perkembangan ini bertujuan untuk memperbarui segala sesuatu yang sudah dianggap tidak efektif bagi kelangsungan hidup masyarakat.

Contohnya adalah demokrasi Amerika yang semakin berkembang akibat dari perkembangan struktur kota yang semakin kompleks.

2. Kesinambungan

Kesinambungan merupakan konsep waktu dalam sejarah. Kecenderungan masyarakat dalam mengadopsi cara-cara lama, menjadi dasar kesinambungan sejarah dari masa lalu. Meskipun ada beberapa poin yang berbeda, namun tidak merubah pola dan esensi dari sistem sebelumnya.

Contohnya adalah sistem-sistem partai yang menyerupai sistem kerajaan masa sebelumnya, dalam lingkup yang hampir sama.

3. Pengulangan

Pengulangan merupakan konsep waktu dalam sejarah. Peristiwa yang sama terulang kembali di masa berikutnya. Hal ini sering terjadi, sehingga muncul jargon “Sejarah terulang kembali”.

Contohnya pada peristiwa lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang dilatarbelakangi aksi demonstrasi dari para mahasiswa.

4. Perubahan

Perubahan merupakan konsep waktu dalam sejarah. Peristiwa perubahan terjadi dalam masyarakat secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pengaruh yang kuat dari luar. Contohnya adalah gerakan 30 S/PKI terjadi akibat paham komunis dari China dan Rusia.

Uraian mengenai 4 konsep waktu dalam sejarah ini diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang baik terhadap sejarah. Perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat menjadi fokus perhatian dalam mempelajari sejarah.

Itu tadi pembahasan tentang kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah, semoga materi yang sudah kami sajikan tadi dapat menambah pengetahuan kita dan dapat bermanfaat

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *