Pengulangan Menurut Konsep Waktu Dalam Sejarah Adalah? [A&Q]

Posted on

Mungkin ada banyak model atau bentuk pertanyaan terkait materi pengertian sejarah salah satunya tentang pertanyaan pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah? berikut jawaban dan pembahasan dari pertanyaan tersebut untuk menentukan jawaban yang paling sesuai.

Dari beberapa contoh soal terkait pertanyaan pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah, bisa jadi sebenarnya jawabanya sama tetapi model soal pertanyaan yang berbeda. Oleh karena itu sejarahbangsa.com akan membahasnya.

Sejarah Adalah? sudah kami bahas pada artikel sebelumnya kali ini kita langsung saja membahas pertanyaan pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah, jawaban dan pembahasan yang kami sajikan semoga dapat membantu mempermudah menemukan jawaban yang paling sesuai. Contoh soal ini masih berkaitan dengan materi pengertian sejarah yang sebelumnya kami ulas.

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

Contoh Soal

Berikut merupakan contoh soal pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah, yang berhasil kami dapatkan.

Pertanyaan

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

A Membuat ulang suatu peristiwa

B Mencoba melakukan hal yang sama

C Suatu kejadian yang dilakukan untuk membuat suatu peristiwa yang sama

D Kejadian yang persis sama terjadi 2 kali di waktu berbeda

E Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang

Jawaban dan Pembahasan

Menurut konsep waktu sejarah, pengulangan dalam sejarah atau yang biasa disebut sebagai historic recurrence adalah terjadinya pengulangan peristiwa dalam sejarah dengan pola tertentu yang selalu terjadi. Hal ini misalnya terjadi dalam peristiwa bangun dan jatuhnya sebuah kekuasaan, peperangan, perdamaian, pergantian pemerintahan dan lainnya. Semua peristiwa tersebut selalu berulang dengan proses dan pola yang sama.

Prediksi suatu peristiwa yang akan terjadi di dunia bukanlah hal metafisika atau hal gaib yang bisa dilakukan. Prediksi tersebut bisa dilakukan dengan cara menganalisis berbagai peristiwa yang terjadi, lalu menghubungkan semua peristiwa tersebut dengan pola sebab dan akibat.

Oleh karena itu bila kita runut dalam sejarah manusia berbagai peristiwa yang terjadi walau pun dalam waktu dan tempat yang berbeda-beda selalu mempunyai pola yang sama. Dari sinilah ada istilah bahwa sejarah selalu berulang dengan sendirinya (l’histoire se répète – Philip Guedalla).

Urutan logika dalam sejarah selalu bisa terbaca dengan mudah, sesuai dengan hukum sebab akibat. Misalnya bila terjadi ketidakadilan dalam suatu negara maka hampir dapat dipastikan akan banyak terjadi kekacauan dan pemberontakan atau minimal yang terjadi adalah merebaknya demo di mana-mana. Pola ini akan terus berulang di berbagai tempat dan waktu selama masih adanya berbagai penyebab.

Konsep pengulangan dalam ilmu sejarah adalah apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Dalam hal pengulangan, sejarah mengkaji peristiwa-peristiwa masa lampau yang terjadi pada masa sekarang. Disini yang berulang fenomenanya. Oleh sebab itu, dapat diartikan bahwa fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang, tetapi fenomenanya yang berulang.

Kesimpulan

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang.

Atau pilihan jawaban yang paling tepat dari pertanyaan atau soal Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah diatas jawab E.

Sekian pembahasan serta kesimpulan dan Jawaban akhir dari pertanyaan pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?Semoga pembahasan dan jawaban dari sejarahbangsa.com dapat membantu. Sampai jumpa pada pembahasan soal sejarah lainnya.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *