Biografi Baden Powell

Posted on

Pelajaran sejarah yang akan kami bahas pada kesempatan ini adalah tentang sosok yang disebut sebagai bapak Pramuka Dunia. Sebelumnya kami membahas pengertian sejarah, pada artikel ini akan kami akan membahas lengkap biografi baden powell termasuk membahas nama lengkap baden powell, tempat dan tanggal lahir, tanggal wafat serta lokasi tempat dimakamkan baden powell, nama istri baden powell, dan sejarah baden powell hingga menjadi Bapak Pandu sedunia.

Langsung saja sejarahbangsa.com membahas biografi baden powell sang bapak pramuka dunia. Baden Powell merupakan sosok penting dalam berdirinya organisasi kepanduan di dunia. Beliau merupakan tokoh dibalik berdirinya organisasi kepanduan dunia yang saat ini bernama World Organization of the Scout Movement (WOSM). Perlu kita ketahui juga bahwa organisasi kepanduan sudah menyebarluas ke berbagai negara dengan nama yang beragam. Organisasi kepanduan di Indonesia disebut dengan Gerakan Pramuka, dan dapat dikatakan pendiri pramuka adalah Baden Powel.

Biografi Baden Powell

Nama lengkap Baden Powell adalah Lord Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Gilwell. Nama yang panjang ini termasuk gelar yang diberikan oleh kerajaan Wales untuk mengenang jasa-jasanya.

biografi baden powell
via indonesiastudents.com

Lord Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Gilwell atau yang biasanya disebut dengan Baden Powell tempat dan tanggal lahir Baden Powell di London pada 22 Februari 1857. Kemudian bertemu tambatan hatinya dan menikah dengan Olave Soames. Nama Istri Baden Powel adalah Olave Soames, sosok sang istri juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan gerakan kepanduan dunia. Olave Soames adalah pendampingnya dalam semua pekerjaan kepramukaan, dan terlibat erat dalam pengembangan Gerakan Kepanduan. Hingga Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 sosok Olave Soames masih sangat setia mendampingi.

Perjalanan Baden Powell hingga dinobatkan Sebagai Bapak Pandu Sedunia

Baden Powell Muda

Perlu diketahui juga, selain dikenal sebagai bapak pandu sedunia, Baden-Powell juga dikenal sebagai tentara yang mempunyai spesialisasi dan juga penulis yang sudah menyeselesaikan beberapa buku.

mengambil refrensi dari halaman scout.org, Baden Powell pergi ke India pada tahun 1876 untuk begabung dengan resimen barunya. Kemudian di India, beliau merupakan tentara muda dengan spesialisasi pembuatan peta, pengintaian, dan pemeriksaan. Selain itu Baden Powell juga melatih tentara lainnya.

Dalam perjalanannya sebagai tentara, Baden Powell pernah ditugaskan ke Balkan, Afrika Selatan dan Malta diawal meletusnya perang Boer kedua sebagai Letnan Jendral untuk membantu mempertahankan kota Mafeking. Dalam pertempuran tersebut Baden Powell memimpin garnisun Inggris melawan sekitar 5.000 (lima ribu) tentara Boer.

Baden Powell dan anak buahnya berhasil menahan gempuran tentara Boer selema 217 hari, pertempuran ini sangat menguji ketrampilan kepanduannya, para prajurit muda yang sudah ia latih dengan ilmu kepanduan juga memiliki keberanian serta kecerdikan yang sama seperti Baden Powell. Kemudian setelah menyelesaikan misi tersebut, Baden Powell kembali ke inggris pada tahun 1903 sebagai pahlawan nasional.

Baden Powell juga berhasil menyusun buku pegangan kecil yang beliau tulis untuk tentara Aids to Scouting, digunakan oleh para pemimpin pemuda dan guru di seluruh negerinya untuk mengajar observasi dan kerajinan kayu.

Kemudian Baden Powell menuliskan buku berjudul Scouting for Boys yang dipublikasikan pada tahun 1908. Penerbitan buku Scouting for Boys dilakukan secara bertahap setiap dua minggu sekali dalam enam bagian.

Buku tersebut akhirnya menjadi panduan untuk membuat gerakan baru yang mendunia. Bahkan sudah diterjemahkan ke dalam semua bahasa di dunia.

Baden Powell dari Tentara

Pada tahun 1910, Baden Powell yang berusia 53 tahun memutuskan pensiun dari tentara. Kemudian mengabdikan hidupnya untuk Gerakan Pramuka dan berkeliling dunia untuk menginspirasi lebih banyak anak muda untuk bergabung kepramukaan.

Kegiatan Baden Powel tersebut mampu menginspirasi banyak anak muda yang akhirnya mulai bermunculan organisasi kepanduan di beberapa negara. Hingga akhirnya pada tahun 1920 organisasi kepanduan dari berbagai dunia ikut berkumpul dalam Jambore Kepanduan Dunia yang pertama.

Jambore Kepanduan Dunia Pertama

foto baden powell png
Lord Baden Powell dikelilingi oleh gerakan Pramuka di suatu tempat di Harfordshire selama liburan via kompas.com

Jambore Kepanduan Dunia itu diadakan di Olympia London pada 1920 dengan dihadiri sekitar 8.000 pramuka dari 34 negara. Dalam jambore itu, Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Untuk mengenang Jasa-jasa dari Bapak Pandu Sedunia, maka ditetapkan setiap 22 Februari diperingati sebagai Hari Baden Powell.

Selang sembilan tahun dari Jambore Kepanduan Dunia pertama, tepatnya pada Jambore Dunia ketiga di Inggris, Pangeran Wales mengumumkan Baden Powell akan diberikan gelar bangsawan oleh Raja.

Baden Powell dianugrahi gelar Lord Baden-Powell dari Gilwell. Setelah itu Gilwell Park menjadi lokasi pusat pelatihan internasional yang didirikannya untuk para pemimpin Pramuka.

Tanggal Kematian Baden Powell

Baden Powell yang sudah cukup lanjut usia kembali ke Afrika pada tahun 1938, kemudian tinggal di kawasan Gunung Kenya.

Pada akhirnyaBaden Powell meninggal dunia pada 8 Januari 1941, dalam usia 83 tahun dan dimakamkan di kuburan di Nyeri, Kenya, Afrika. Makam Baden Powell ditandai dengan lambang Pramuka dan Pemandu Putri dan bertuliskan “Robert Baden-Powell, Ketua Pramuka Dunia”.

Semasa hidupnya, Baden Powell setidaknya berhasil menulis 32 buku, mendapatkan gelar kehormatan dari setidaknya 6 universitas, menerima banyak pesanan dan dekorasi asing, dan 19 penghargaan Pramuka dari berbagai negara.

Setelah meninggalnya Baden Powell, Istrinya, Lady Olave Soames, tetap terus mempromosikan Kepramukaan dan Pembinaan Gadis di seluruh dunia hingga wafat pada tahun 1977 dan dimakamkan ditempat pemakaman yang sama dengan Baden Powell yaitu di Nyeri, Kenya, Afrika.

Sekian pembahasan kami tentang biografi Baden Powell lengkap dengan informasi tempat dan tanggal lahir baden powell, nama istri baden powell dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan profil Baden Powell atau sejarah pramuka yang muncul dimateri sekolah dan belum dimengerti bisa disampaikan melalui kolom komentar, atau tautan berikut ini KONTAK.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *